Pelatihan Public Speaking Fakultas Ekonomi Unusida bersama Penta Training Center (Foto: Humas Unusida)

Latih Kemampuan Presentasi Mahasiswa, Fakultas Ekonomi Unusida Gelar Pelatihan Public Speaking

Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar Pelatihan Public Speaking dengan mengusung tema ‘Make Your Presentation Excellent’, Selasa (27/02/2024) di Hall Lantai 5 Kampus Unusida, Jl Lingkar Timur KM 5,5 Rangkah Kidul, Sidoarjo. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Unusida angkatan 2022.

Dalam pelatihan tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu, Wahyu Eka Purwasari dan Varia Mei Narni. Dalam kesempatan tersebut, penandatanganan kerja sama antara Fakultas Ekonomi dengan Penta Training Center untuk memberikan softskill berupa skill public speaking bagi mahasiswa Unusida.

Wakil Rektor 3 Unusida, Ali Masykuri, M.Pd.I menyampaikan dalam kerja sama harus ada sisi yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak.

“Mari manfaatkan kegiatan kerja sama ini untuk saat ini dan yang akan datang. Tetap semangat dan sesuai dengan target, tidak hanya dapat menyarap materi, tetapi juga aplikatif sehingga memiliki nilai manfaat bagi lingkungan sekitar,” tuturnya.

Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo tersebut mengatakan bahwa public speaking menjadi hal sangat penting bagi kita semuanya, khususnya bagi mahasiswa pada saat ini maupun era yang akan datang. Tentang bagaimana seni ketika berbicara. Sebab, banyak orang yang bisa bicara, memiliki materi, memiliki akademik yang baik, tetapi tidak dapat menyampaikan materi dengan baik.

“Yang pasti, sekarang dan yang akan datang sangat membutuhkan seni dalam berbicara. Ilmu public speaking sangat bermanfaat ketika di tengah masyarakat. Alumni Unusida harus memiliki kemampuan public speaking yang baik untuk meningkatkan kualitas diri. Oleh karena itu, mahasiswa dan alumni Unusida harus lebih percaya diri untuk dapat mendobrak zona nyaman dan lebih komunikatif dan lebih proaktif ketika presentasi,” terangnya

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unusida, Dr Muhafidhah Novie, M.M menjelaskan pentingnya public speaking bagi mahasiswa. Seperti halnya ketika melakukan presentasi agar dapat lebih percaya diri.

“Jangan sepelekan pelatihan public speaking ini, manfaatkan sebaik mungkin untuk menjadi ajang bagi mahasiswa untuk berkreasi,” ujarnya.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan public speaking ini mahasiswa mampu melakukan presentasi dengan baik. Karena dapat menjadi bekal ketika lulus yang akan menghadapi dunia kerja dan membaur di tengah masyarakat.

“Mahasiswa ketika lulus dari Unusida dapat memiliki kemampuan public speaking yang baik, tidak hanya dalam presentasi, tetapi juga ketika wawancara kerja agar ketika lulus dapat diterapkan di dunia bisnis maupun dunia kerja,” tandasnya

Sebab, kemampuan public speaking dapat mempengaruhi perspektif seseorang dalam menilai orang lain. Seperti ketika wawancara kerja, cara bicara seseorang dapat menjadi penilaian tersendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi mahasiswa, untuk mengasah softskill public speakingnya sejak dini agar lebih siap ketika terjun di dunia kerja maupun di tengah masyarakat.

“Ketika sudah keluar dari Unusida, saya harap mahasiswa mampu melakukan presentasi dengan baik, serta dapat menjalin lobbying karena memiliki kemampuan public speaking yang baik. yang akan jadi pebisnis, maka akan melakukan presentasi, jadi bagaimana cara kita untuk meyakinkan untuk menjalin hubungan dengan banyak orang nantinya, ” pungkasnya.

(my)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × one =