Safari Ramadhan Unusida, Berikan Santunan Marbot Masjid dan Berikan Layanan Check Up Kesehatan Gratis (Foto: Humas Unusida)

Safari Ramadhan Unusida, Santuni Marbot Masjid dan Layani Check Up Kesehatan Gratis

Civitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar kegiatan Safari Ramadhan 1445 Hijriah di masjid-masjid di sekitar kampus. Kegiatan ini dilaksanakan pertama kali di Masjid Baitul Makmur, Sidokerto, Buduran, Selasa (19/03/2024).

Adapun agenda Safari Ramadhan Unusida seperti Sholat Tarawih Berjama’ah, Kuliah Tujuh Menit (Kultum) Ramadhan, Santunan Marbot Masjid, dan Check Up Kesehatan Gratis.

Sekretaris Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sidoarjo, H Dayat sangat menyambut baik adanya Safari Ramadhan Unusida. Menurutnya, kegiatan Safari Ramadhan Unusida sangat mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat karena diisi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Masyarakat sangat senang dan tertarik dengan adanya kegiatan Safari Ramadhan Unusida kali ini. Hal ini karena adanya Check Up kesehatan gratis yang diserbu oleh ibu-ibu dan bapak-bapak. Selain itu juga terdapat santunan untuk marbot masjid yang juga sangat senang karena merasa diperhatikan dengan bantuan berupa makanan pokok,” ungkapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Safari Ramadhan Unusida yang sangat mempresentasikan kegiatan positif seorang akademisi dalam pengabdian masyarakat. Ia berharap kegiatan ini juga dapat diselenggarakan secara rutin dan menyeluruh di masjid-masjid di seluruh Kabupaten Sidoarjo.

“Dengan kegiatan Safari Ramadhan Unusida kali ini, masyarakat dapat merasakan manfaat lebih mengenal keberadaan kampus NU di Sidoarjo. Semoga Unusida dapat menjadi inspirasi dan rujukan dalam menebarkan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Dosen Unusida, Machfudzil Asror, S.Pd.I,. M.Pd mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mendekatkan Unusida di tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana mengenalkan program-program Unusida yang dapat menyentuh masyarakat secara langsung.

“Momentum Ramadhan menjadi kesempatan untuk menebar manfaat dan mengenalkan Unusida di tengah masyarakat sehingga keberadaan dan eksistensi Unusida dapat semakin dikenal di kalangan masyarakat,” katanya disela-sela menyampaikan Kultum Ramadhan.

Dalam tausiahnya, Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unusida tersebut menyampaikan tentang 4 golongan yang dirindukan surga. Empat golongan tersebut adalah orang yang membaca Al-Qur’an, menjaga ucapannya, memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan.

“Momentum bulan suci Ramdhan menjadi kesempatan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita. Oleh karena itu, mari berusaha berlomba-lomba menjadi empat golongan tersebut agar kelak masuk ke dalam surga dengan cara taat menjalankan ibadah dan menjauhi segala larangan dari Allah SWT,” tuturnya.

“Terima kasih kepada segenap Takmir Masjid Baitul Makmur, Ust. Dayat sebagai Takmir Masjid Baitul Makmur yang sudah menyambut dan memfasilitasi kami selama kegiatan Safarai Ramadhan,” imbuhnya.

Kegiatan Safari Ramadhan Unusida kali ini juga bekerja sama dengan SMK Plus NU Sidoarjo, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Unusida, dan Bank Jatim Syariah.

Diketahui, kegiatan Safari Ramadhan Unusida kali ini dijadwalkan di 4 masjid di sekitar kampus, selain Masjid Baitul Makmur, juga dijadwalkan di beberapa titik diantaranya Masjid Nurul Ghina, Jasem, Sidoarjo, Kamis (21/03/2024), Masjid At Taqwa, Gebang, Sidoarjo, Selasa (26/03/2024), Masjid Nurul Huda Jambangan, Candi, Sidoarjo, Kamis (28/03/2024).

(my)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =